Jumat, 06 Februari 2015

Jurusan Ilmu Perpustakaan = Jurusan Serba Bisa

sumber : www.keepcalm-o-matic.co.uk

   Perpustakaan memang sudah banyak yang tahu. Tapi, yang tahu tentang Ilmu Perpustakaan sangat sedikit. Saya pun baru mengetahuinya ketika direkomendasikan oleh kakakku untuk kuliah di jurusan ini. Ketika mendengar jurusan ini, saya langsung bertanya ke kakakku:

   “Jurusan apa itu?”
   “ jurusan Ilmu perpustakaan, nanti kerjanya di perpustakaan”
   “ternyata ada kuliahnya? Masa jaga buku aja harus kuliah?”
   “Ya ada lah, nih modem. cari mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan kalau lulus peluang kerjanya apa saja dan tenang aja mam, lulusan Ilmu Perpustakaan gak mesti jadi guru kok. Hahaha *kakakku tertawa”.

   Setelah sekian lama searching, saya menyimpulkan bahwa jurusan Ilmu Perpustakaan merupakan jurusan yang asyik. Karena bisa tahu perkembangan informasi zaman sekarang sehingga tidak ada lagi kata “KUDET (Kurang Update)” dan saya pun jadi tahu kalau ada istilah pustakawan, padahal dulunya hanya tahu petugas perpustakaan. Disini, PUSTAKAWAN PETUGAS PERPUSTAKAAN. Pustakawan merupakan tenaga professional yang memerlukan pendidikan khusus (Ilmu Perpustakaan), sedangkan petugas perpustakaan tidak memerlukannya. Dengan alasan itulah saya memilih jurusan ini, walaupun itu bukan jurusan yang saya inginkan. Tapi justru yang mendapat restu dari Orangtuaku adalah jurusan ini. Jika orangtua merestui, pasti Allah akan memberi kemudahan. Itulah yang selalu kusematkan dalam hatiku. Dan itu benar-benar terjadi, ketika SNMPTN saya mengambil jurusan Agribisnis (jurusan yang saya inginkan) tapi tidak mendapat restunya sehingga tidak lolos. Namun ketika SBMPTN, saya malah lolos di jurusan Ilmu Perpustakaan berkat restu orangtuaku.

    “Alhamdulillah…Saya diterima” ucap syukurku pada-Mu Ya Allah.
   
   Pengumuman SBMPTN memang telah dibuka. Sehingga dari mulai saudara, teman, tetangga semua pada nanya. “Kuliah dimana?” di Yogyakarta. “Ngambil jurusan apa?” Ilmu Perpustakaan. Sudah kutebak, tidak ada yang tahu, persis seperti saya saat pertama kali mendengar jurusan ini dari kakakku. Jadi, yang kujelaskan pada mereka jurusan ini asyik, karena bisa selalu update informasi.
“Kegitan di perpustakaan kan hanya jagain buku aja!!” Mereka merespon dengan sangat kritis. Ketika itu saya tidak bisa menjawab, karena setahuku kegiatan yang ada di perpustakaan ya seperti itu. Tapi, jika sekarang masih ada yang mengatakan hanya jagain buku aja. Maka segera saya katakan “Maaf Bapak/Ibu, Mas/Mba, kegiatan yang ada di Perpustakaan bukan jagain buku. Melainkan bagaimana kami bisa mempertemukan pemustaka dengan informasi yang diinginkan secara tepat, cepat dan akurat. Dan jika Bapak/Ibu, Mas/Mba butuh informasi tentang apapun, kami bisa membantunya (bahasanya sudah sopan kan? Insya Allah sudah sesuai dengan kode etik pustakawan Indonesia, emang hanya dokter yang punya kode etik. Pustakawan pun punya J)”. Karena pada dasarnya lulusan Ilmu Perpustakaan didesain untuk menjadi manajer informasi.

   Di zaman sekarang, informasi sudah sangat membludak. Informasi dalam bentuk tercetak (buku, terbitan berseri, dll) dan non-cetak (film,audio visual, kaset, dll) yang setiap tahun selalu diterbitkan serta internet yang setiap detiknya selalu berubah. Nah, tugas pustakawanlah yang akan mengolah informasi-informasi (dalam semua bentuk) tersebut agar mudah ditemukan kembali.

   “Yang diolah terlalu banyak, otaknya gak pecah?” kan ada ilmunya, makanya kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan. Hehe..

   Lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan juga mempunyai prospek masa depan yang cerah loh. Selain jadi pustakawan (gaji pustakawan lebih besar dari dosen, loh !!)  lulusannya juga bisa menjadi pengusaha, penulis, penerjemah dan semua pekerjaan bisa dilakukannya.

  “Bagaimana bisa?” kan setelah lulus jadi manajer informasi. Semua informasi pasti tahu lah. Mungkin kalau boleh, lulusan Ilmu Perpustakaan bisa dikatakan seperti Ali bin Abi Thalib atau mungkin dewa Shiwa (dewa ilmu pengetahuan).#Lupakan.. Hehe..


   Terbukti kan!!! Bahwa jurusan Ilmu Perpustakaan merupakan jurusan serba bisa. *, bukan versi on the spot
   #idks
Previous Post
First

10 komentar:

  1. Halo ka, betah di jurusan perpus? Aku ga hobi baca, apa bisa bertahan di jip kalau aku lolos? Trims

    BalasHapus
  2. Kenalan yuk...sy juga mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan dan sudah semester 6 beranjak ke semseter 7.

    BalasHapus
  3. kak gmana kabarnya di jurusan ilmu perpustakaan ..??

    BalasHapus
  4. takut jd pengangguran kalau ambil jurusan ilmu perpustakaan saran donk kak ?!

    BalasHapus
  5. thanks gue tambah yakin ambil jurusan ilmu perpustakaan coy.....................

    BalasHapus
  6. klo aja gw tau pas jaman gw lulus sma ada jurusan ilmu perpustakaan, pasti gw ambil jurusan ini..

    BalasHapus
  7. Kak ak bisa minta emailx kh atau nama fb atau yg lainnn... Soalnx ak mau nanya soal ilmu perpus.....

    BalasHapus
  8. Ilmu perpustakaan bisa gak ya jdi seorang enterpreneur/pengusaha

    BalasHapus