Kamis, 05 Maret 2015

Organisasi????

Berorganisasi, adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mengasah soft skill mereka. Itulah yang ingin saya cari dalam berorganisasi, selain agar tidak bosan di kos. hehe. Pertama masuk kuliah, saya masuk semacam UKM bela diri bersama fajar gumilar (IP. B). Tapi karena jadwal latihannya berbenturan dengan jadwal kuliah, akhirnya cari kegiatan yang sejenis dengan jadwal yang tidak berbenturan. Sehingga kami memilih Pagar Nusa. Di pagar Nusa kami termasuk anggota yang aktif, sebelum akhirnya terjadi insiden yang tidak diinginkan terjadi yang membuatku jadi semacam trauma. Haha. Ya, saat latihan kepalaku jatuh duluan dan mengenai batako. Aduh, rasanya sakit.. Padahal sudah mau ujian naik tingkat. Kalau dipukul, ditendang dan badan terasa remuk itu sudah biasa saat latihan. Tapi kalau kepala yang sakit, perlu dipikirkan ulang. Bahkan gara-gara kejadian tersebut, saya sempat terbaring di kos seharian. keluar hanya untuk shalat. Makanpun hanya yang tersedia di kos (roti). Kapok ah, aku gak mau main-main dengan kepala. #Aku masih sayang otakku.

Selain itu, saya juga ikut komunitas orang Brebes, KPMDB (Komunitas Pelajar Mahasiswa daerah Brebes). Kenalin nih, "Nyong Wong BA (Brebes Asli) :D". Sejak awal kuliah saya sudah ikut komunitas ini, tapi gak aktif. gara-garanya mungkin gak ikut makrab, malah gak di kabarin kalau ada apa-apa. Haha. Tapi sekarang aktif loh, semenjak ketua umumnya diganti oleh Mas Amri Hariri (Ketua LIberty 2013-2014). saya dikenalkan lagi dengan KPMDB. Haha. Alhamdulillah.. Dengan komunitas ini saya merasa di Brebes versi Jogjakarta :D

Untuk mencari pengalaman tentang seperti apa nanti pekerjaanku, saya memilih salah satu organisasi jurusan di Ilmu Perpustakaan. Yaitu Liberty. Disini saya belajar tentang banyak hal, terutama bagaimana lulusan Ilmu Perpustakaan bisa terjun langsung ke masyarakat. Mulai dari pengolahan perpustakaan, bakti sosial, ngadain seminar, ikut pameran cendi, kunjungan industri dan lain sebagainya yang tak mungkin aku ceritakan satu per satu saking banyaknya. Hehe. Terbukti, organisasi ini yang terbaik (y).

Saat ini, saya baru saja ikut organisasi islam. Namanya adalah HMI. HMI yang saya ikuti adalah HMI MPO yang berasaskan islam. Awalnya saya ikut organisasi ini karena diajak oleh temenku, Fajar Gumilar. Dia yang telah lebih dulu ikut organisasi ini. Awalnya saya gak mau ikut, karena kebanyakan organisasi islam ya sukanya demo. Tapi katanya organisasi ini bukan organisasi pergerakan, organisasi ini lebih kepada sisi intelektualnya. Setelah ikut bergabung, ternyata omongannya ada benernya. Organisasi ini aktif melakukan pengkajian dan juga baksos. Acara dalam jangka waktu dekat ini, yaitu bakti sosial yang akan dilaknasakan pada tanggal 15 Maret 2015.

Setelah ikut organisasi-organisasi tersebut, manfaat yang bisa saya petik adalah : belajar kepemimpinan, belajar mengelola waktu, meluaskan jejaring pertemanan, melatih bersosial dalam bermasyarakat, belajar mengatasi masalah dan manajemen konflik, serta belajar tanggung jawab, tidak seenaknya sendiri aja.

Semoga bermanfaat teman-teman ;)

#IDKS
Previous Post
Next Post

0 komentar: